Bacaan orang-orang Populer

Thursday, May 19, 2016

Bolehkah Kita Membawa Smartphone yang Ada Aplikasi Alquran ke Dalam Toilet?

No comments :

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk menginstal berbagai aplikasi ke dalam satu perangkat yang bisa di bawa kemana-mana. Hal ini sangat membantu dan memudahkan kita jika sedang membutuhkan data yang kita inginkan. Cukup hanya dengan membuka ponsel data yang kita inginkan bisa kita dapatkan.

Salah satu aplikasi yang paling banyak diinstall di dalam smartphone adalah Alquran digital. Khususnya yang dimiliki oleh seorang muslim. Hampir bisa dipastikan Alquran digital sudah terinstall di dalam smartphone miliknya.

Namun, ada satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pengguna smartphone musli, "Bolehkah saya membawa smartphone yang ada aplikasi Alquran digital ke dalam toilet?"

Baca juga : Batalkah Wudhu Orang yang Melihat Aurat Lawan Jenis?

Untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita melihat hukum membawa Alquran ke dalam toilet. Para ulama sepakat bahwa Alquran harus dimuliakan, mengingat merupakan tulisan yang berisi mukjizat terbesar, yaitu firman Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah:
Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati. (QS. Al Hajj : 32).

Salah satu wujud memuliakan Alquran adalah dengan tidak membolehkan orang yang berhadas untuk menyentuhnya, selain juga tidak membolehkan untuk membawanya masuk ke dalam toilet.

Realitanya, kebanyakan dari kita jika pergi ke toilet untuk buang hajat tidak pernah meninggalkan smartphone di luar. Bahkan, jika ingin membuang hajat besar salah satu barang yang paling kita cari untuk dibawa masuk ke dalam toilet adalah smartphone. Dengan maksud ingin bermain games selama kita menunaikan panggilan alam ini.

Perbedaan Alquran digital dengan mushaf Alquran

Alquran digital hanya akan menampilkan ayat-ayat suci Alquran jika kita mengaktifkan aplikasinya. Jika tidak diaktifkan tentu saja ayat-ayat suci itu tidak tampil. Ini berbeda dengan mushaf yang secara keseluruhan lembarannya berisi ayat-ayat suci. 

Baca juga : Rajin Shalat Tapi Rajin Pula Maksiat. Mengapa Bisa Begitu?

Sejalan dengan itu, Alquran digital terinstall di dalam sebuah perangkat bersama dengan aplikasi lainnya. Jadi, alat ini bukanlah semata-mata berisi Alquran saja. Sebuah benda yang tak pantas untuk disucikan. Jika kita ingin membaca Alquran di dalamnya kita tak pernah mencium smartphone tersebut sebelum ataupun sesudah membacanya sebagai wujud kita memuliakannya. Sedangkan mushaf Alquran sebaliknya, karena kita memuliakannya.

Maka dalam hal ini, kita boleh membawa smartphone yang sudah terinstall Alquran digital di dalamnya, asalkan kita tidak mengaktifkan aplikasi tersebut. Akan lebih bagus lagi jika kita berkenan menonaktifkannya.

Lalu, bagaimana dengan memori yang tersimpan di dalamnya? Bukankah ada ayat-ayat Al-Quran dalam bentuk digital?

Jawabnya sederhana saja. Seorang penghafal Alquranpun dibolehkan masuk ke dalam toilet meskipun di dalam kepalanya ada memori data-data Al-Quran. Dia tak perlu melapaskan kepalanya agar bisa masuk ke dalam toilet. Yang penting dia tidak melapalkan hafalannya itu di dalam toilet.

Jadi kesimpulannya, tidak ada larangan seseorang membawa smartphone yang telah diinstall aplikasi Alquran digital ke dalam toilet asalkan aplikasi itu tidak diaktifkannya ketika membuang hajat. Wallahualam bissawab.

Baca juga : Korupsi dan Mencuri Sama Sekali Tak Menambah Rezeki

Jika Sahabat kurang berkenan dengan uraian penulis, ada baiknya Sahabat bertanya kepada orang yang berilmu agama. Mudah-mudahan Sahabat mendapat penjelasan yang lebih tepat, amin ya Rabbal alamin.

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test