Bacaan orang-orang Populer

Wednesday, May 25, 2016

8 Makanan Indonesia yang Laris Manis di Korea

No comments :

Anda mungkin bukan penyuka drama korea, tapi Anda pasti sudah sangat familiar dengan kuliner mereka yang bernama kimchi, Jjajangmyeon, ramyeon atau ramen, dan sup rumput laut yang mereka santap saat merayakan ulang tahun. Anda tak perlu malu mengakuinya. Karena seluruh dunia memang sedang dilanda demam Korea. Beruntunglah mereka karena punya banyak kesempatan untuk memperkenalkan budaya dan makanan khasnya melalui drama yang sedang booming.

Namun, kali ini kita tidak membahas tentang semua makanan khas mereka. Sebaliknya, kali ini kita mengintip tentang realita makanan khas Indonesia yang laris manis di negeri gingseng tersebut.

Pertama-tama kita harus mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh tenaga kerja Indonesia dan mahasiswa yang berada di sana. Karena peran mereka sangat besar dalam memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia. Tanpa mereka mungkin kita harus mengeluarkan uang yang banyak untuk mempromosikan Indonesia.

Kembali ke topik bahasan tentang makan khas Indonesia.
Memang, restoran Indonesia yang ada di Korea sebagian besar pelanggannya adalah orang Indonesia juga. Tak bisa dimungkiri, bagaimanapun lidah orang Indonesia itu paling cocok hanya dengan makanan Indonesia, meski dia sudah berada jauh di negeri orang. Bak kata orang, sejauh-jauh bangau terbang akhirnya ke kubangan jua. Tapi Indonesia bukan kubangan ya! Hehehe...

Baca juga : Pertolongan Pertama Mengobati Keracunan Makanan

Nah, ketika mereka datang menyantap makanan di restoran Indonesia tentu banyak di antara mereka yang membawa temannya yang asli Korea untuk bersantap bersama. Seperti sudah kita duga, kebanyakan dari orang Korea yang ikut itu sangat menyukai makanan Indonesia yang kaya rasa dan spicy. Sangat cocok dengan negara mereka yang beriklim dingin. Pada akhirnya mereka akan balik lagi untuk makanan di sana.

Ada banyak restoran yang menjual makanan khas Indonesia di kota Seoul dan di kota-kota lain. Anda bisa googling untuk melihatnya. Rata-rata restoran itu memakai nama Bali atau Malay Halal Food. Hebatnya, mereka tetap memakai nama asli Indonesia untuk setiap makan yang mereka sajikan. Lontong ya longtong, tidak berubah jadi salad.

Ini dia 8 makanan khas Indonesia yang paling dicari oleh orang Korea.

1. Nasi Padang 


Siapa yang tak kenal dengan kelezatan nasi Padang?! Tidak cuma di Korea, bahkan seluruh dunia menyukainya. Rasanya yang pedas dengan orama rempah-rempahnya yang mengundang selera membuat semua orang tak berdaya untuk menolaknya. Bahkan ada joke di kota penulis yang cukup terkenal, "Jika di bulan sudah ada orang yang tinggal maka orang Padang akan buka rumah makan di sana. Dan pasti laris!"

2. Gado-gado atau lontong


Seluruh dunia mungkin sudah mengenal salad. Tapi, gado-gado bukan salad. Rasanya terlalu pedas untuk bisa dikatakan salad, yang biasanya manis. Orang Indonesia mana yang mampu menolak gado-gado? Termasuk orang Korea. Meski mereka ganteng-ganteng, sodorin gado-gado pasti tak kuat nolak.

Baca juga :  11 Tips Sarapan Nikmat, Sehat, dan Murah, Untuk Karyawan Kantor

3. Pecel Lele


Memang ikan lele di Korea tidak sebanyak di Indonesia. Tapi itu bukan penghalang untuk tetap menjual pecel lele tiap hari. Dimana ada kemauan di situ ada jalan.
Sekali-kali coba ajak Lee Min Ho makan pecel lele. Lalu tanya, mana yang lebih enak, pecel lele atau kimbab? Kayaknya kita semua sudah tau jawabannya

4. Durian


Ini dia buah asli Indonesia. Aroma wanginya yang menusuk mengundang selera untuk segera membelahnya. Apalagi jika dimakan hingga 2-3 buah, akan membuat badan terasa hangat. Cocok untuk menghangatkan badan di tengah iklim Korea yang dingin. Yoona SNSD pasti suka. Meski bibirnya bakalan belepotan kalau dia makan buah ajaib ini.

5. Soto Nasi


Lagi-lagi makanan pedas yang disukai oleh orang Korea. Apalagi disantap pada saat panas berasap. Aroma rempahnya menyebar ke segenap ruangan bersama uap air yang di tiup angin. Membuat artis Korea tak bisa mengelak.

Baca juga : 7 Makanan yang Super Kaya Hidrat

6. Es Campur


Semua orang suka es krim. Tapi dari semua makanan dingin tak ada yang lebih enak dari es campur Indoneia. Perpaduan antara dinginnya es, cendol, alpokat, kelapa, susu, selasih, cincau, dan berbagai campuran lain bagaikan sebuah undangan yang tak mampu untuk kita tolak.
Hidangankan semangkok di depan Song Hye‑kyo. Lalu suruh dia untuk tidak menyantapnya selama 5 menit. Coba lihat, apa dia mampu menahan tetesan air liurnya.

7. Larutan Penyegar


Ini yang agak membingungkan. Padahal Korea beriklim dingin. Tapi kenapa merea suka larutan penyegar? Apa karena rasanya atau karena efekya? Tapi itulah kenyataannya, orang Korea suka minum larutan penyegar made in Indonesia.

8. Teh botol Sosro


Baca juga : Inilah 10 Cafe Paling Keren dan Unik di Dunia 

Mungkin belum setenar Pepsi atau Coca Cola. Tapi perlahan-lahan dan signifikan Teh Botol Sosro mulai mendunia. Bisa jadi tak lama lagi ada drama korea yang di sponsori oleh Teh Botol Sosro. Semua pemerannya wajib minum teh asli buatan Indonesia Ini.

So, what are you waiting for? Bon Appetite!
Selamat makan! Jal Moekkesseumnida!

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test