Breaking News
recent

6 Cara Mudah Untuk Mencegah Flu dan Pilek



Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia yang hanya memiliki dua musim, musim panas dan musim hujan. Di sini kita mengenal iklim yang ekstrim. Jika musim panas, tidak terlalu panas seperti di gurun. Jika musim hujan, tak sedingin musim salju, seperti di Inggris dan Korea, yang sering kita lihat di televisi. Mereka harus memakai pakaian yang tebal untuk melawan cuaca yang dingin di bawah titik beku.
Sungguh sesuatu yang wajib selalu kita syukuri.

Meskipun begitu, kita tetap harus selalu waspada. Karena, cuaca kadang-kadang tak bisa ditebak. Di tengah musim panas kadang-kadang turun hujan. Entah itu lebat, atau hanya gerimis. Begitu juga sebaliknya, di tengah musim hujan kadang-kadang kita merasakan panas yang sangat terik. Hal semacam inilah yang membuat kita rentan sakit. Terutama flu dan pilek.

Kalimat yang selalu kita dengar adalah, mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Mencegah jauh lebih murah dari pada mengobati. Namun, yang jadi masalah adalah jika ada salah seorang dari anggota keluarga kita yang terserang flu maka biasanya dalam waktu yang tidak lama kitapun akan segera terjangkit, dikarenakan tinggal serumah. 

Baca juga : Bisakah Nyamuk Menularkan Virus HIV?

Untuk menjaga agar anggota keluarga kita tetap sehat dalam cuaca yang tak menentu maka seluruh anggota keluarga kita harus mengamalkan perilaku hidup sehat. Khususnya untuk mencegah terkena penyakit flu dan pilek ada 6 cara yang bisa kita amalkan seperti di bawah ini. Dibaca baik-baik ya Sahabat, setelah itu amalkan. Insya Allah kita akan terhidanr dari flu dan pilek.

1. Gunakan Pelembab Udara (Humidifier)


Karena virus flu berkembang dengan cepat pada lingkungan udara yang kering. Alat ini sering kita lihat dalam drama-drama Korea ketika mereka sedang dirawat di rumah sakit.

2. Teruslah bergerak


Orang yang terus bergerak dan berlatih fisik jauh lebih sedikit kemungkinannya akan terserang flu dari pada orang yang tak melakukan gerakan sama sekali.

Baca juga : 13 Kegiatan Seru Ketika Mati Lampu (Byar Pet)

3. Memakan makanan diet-sehat  


Mengurangi makanan yang berkalori akan membuat Anda lebih rentan terhadap flu. Jadi, makanlah makanan yang rendah lemak namun kaya kalori. Tetap sehat, tetap slim.

4. Tidur yang cukup


Tidur yang kurang dari 7 jam akan membuat Anda 3 kali lebih rentan terhadap flu daripada Anda tidur 8+ jam dalam semalam.

5. Mencuci tangan pakai sabun


Sabun mampu membunuh kuman yang menempel di tangan Anda yang akan membuat Anda di serang flu. 


Baca juga : 15 Kegiatan Harian Kita yang Merampas Kebahagian

6. Suntikan anti-flu


Meskipun kita terlihat baik-baik saja, suntikan anti-flu tetap diperlukan untuk mengurangi gejala flu lebih dini.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.