Breaking News
recent

10 Manfaat Batang Korek Api Bagi Orang Kreatif

Dulu, ketika kita masih anak-anak, tak banyak alat-alat canggih yang ada. Kita belum mengenal kalkulator, gameboard, ponsel, apalagi smartphone. Sehingga kita harus berpikir lebih kreatif untuk menciptakan mainan sendiri dari alat-alat yang sangat sederhana. Bahkan batangan korek api bisa berubah menjadi benda multifungsi yang bisa digunakan untuk menggantikan kalkulator dalam berhitung. Banyak teka-teki yang kita ciptakan dari batangan yang tak lebih panjang dari dua ruas jari ini.

Paling tidak ada 9 manfaat penting batang korek api bagi orang-orang kreatif. Memang, sebagian besar manfaat korek api dirasakan oleh orang dewasa. Tapi, paling tidak ada 3 atau 4 point yang sering juga dilakukan oleh anak kecil.

Di bawah ini penulis sudah merangkum 9 manfaat batang korek api bagi orang kreatif. Dan hampir semua orang adalah orang kreatif pada masa itu. Mungkin saja banyak diantara Sahabat yang tidak tahu. Karena Sahabat hidup pada zaman yang didominasi oleh mancis dengan bahan bakar gas. Oleh karena itulah penulis ingin mengabarkan kepada Sahabat bagaimana dulu  kami memanfaatkan benda-benda sederhana menjadi benda yang luar biasa. 

Disimak baik-baik ya Sahabat. Karena mungkin saja banyak diantaranya yang bisa Sahabat petik menjadi pengetahuan yang berharga. Kita mulai dari yang pertama.

1. Untuk menyalakan api
 
 
Ya pastilah. Memang alaasan utama diciptakankannya korek api ya untuk menyalakan api. Untuk ibu-ibu di dapur yang menyalakan api di tungku untuk memasak, untuk bapak-bapak yang merokok, dan juga untuk membakar sampah.

2. Untuk alat berhitung
 
 
Berhitung adalah pelajaran yang sangat menyulitkan bagi anak SD. Apalagi jika bilangannya sudah melebihi dari jumlah jari di tangan dan kaki. Untuk itu dibutuhkan alat bantu yang berupa batangan. Biasanya alat bantu itu adalah lidi. Tapi, yang paling praktis tentu saja adalah batang korek api.

3. Untuk korek kuping
 
 
Sebenarnya ini sangat berbahaya. Bisa-bisa lubang kuping akan mengeluarkan darah. Tapi memang begitulah. Dulu banyak bapak-bapak yang suka mengorek kuping dengan batang korek api. Mungkin kuping bapak-bapak dulu lebih kuat dari kuping bapak-bapak sekarang ya.

4. Untuk congkel gigi
 
 
Dahulu orang-orang mana kenal dengan toothpick. Kalau makanan nyangkut di gigi pasti yang dicari batang korek api. Patahkan batang korek api dengan cara menyamping agar mendapat ujung yang runcing. Langsung dah congkel sisa makanan yang nyangkut di gigi sampai keluar.

5. Untuk media teka-teki
 
 
Ini adalah manfaat lain korek api yang sangat mengasikkan. Tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Apa Sahabat pernah memainkan game korek api ini sekarang? Paling juga di download dari play store 'kan? Lalu dimana letak kreatifnya?

6. Untuk dibuat mainan
 
 
Pernahkah Sahabat meresakan betapa serunya bermain pistol-pistolan yang pelurunya dari batang korek api? Kami akan menembakkannya ke atas hingga mencapai ketinggian 15 meter. Permainan ini biasanya dilakukan pada malam hari agar nyala korek api lebih kelihatan, dan di mainkan di tanah lapang agar lebih aman.

7. Untuk dibuat hiasan
 
 
Kakak-kakak kami dulu membuat lapang bingkai photo dari datang korek api yang direkat dengan lem cap kambing. Memang agak rumit dan hasilnyapun tak begitu bagus. Saya tak pernah menyukainya. Tapi itulah kreatifitas.

8. Untuk dibuat kerajinan 
 
 
Pernahkah Sahabat melihat rumah-rumahan yang dibuat dari batang korek api? Kadang-kadang juga ada yang berbentuk cangkir atau tas. Begitu banyak batang korek api yang digunakan dengan direkat pakai lem. Hasilnya sungguh menakjubkan. Benar-benar kreatif.

9. Untuk penggaruk kepala gatal
 

Kalau yang terakhir ini memang agak eksentrik. Mungkin karena tak ingin ketombenya nempel di kuku saat menggaruk kepala makanya batang korek api adalah pilihan yang paling tepat untuk menjadi media pengganti karena selalu ada disekitar kita dan mudah dijangkau.

Nah Sahabat Populer, itulah 9 manfaat batang korek api yang seharusnya Sahabat tahu.
Namun, sayang sekali, pada saat ini tak banyak lagi orang yang menggunakan korek api batangan. Orang-orang sudah beralih menggunakan korek api gas yang lebih praktis. Namun, alat itu betul-betul hanya berfungsi untuk menyalakan api, tak lebih tak kurang. Tak ada lagi pemikiran kreatif yang berkembang untuk membuat benda ini menjadi multifungsi. Lalu apa hebatnya memiliki benda seperti itu?
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.