Saturday, March 19, 2016

10 Kota yang Bersuhu Paling Panas di Indonesia

17 comments :
Pernahkah Sahabat ingin berdiri di depan pintu kulkas seharian? Atau mencebur ke kolam dan berendam seharian? Baju yang Sahabat pakai hampir bisa diperah karena basah oleh keringat. Sahabat jadi tak nyaman beraktivitas dan merasa jadi cepat letih. Bahkan hanya duduk di depan komputer sebentar saja Sahabat lelah. Tak ada yang membuat Sahabat nyaman selain dari berada di dalam ruang ber-AC sambil makan ice cream.

Itulah yang Sahabat rasakan jika cuaca di kota Sahabat sudah mencapai 35 C. Dan banyak kota di Indonesia yang bahkan lebih panas dari itu. Apalagi pada saat musim kemarau. Hal semacam itu sudah menjadi lumrah. Keluhan dan rengekan para ABG akan terbaca hampir di semua status sosial media.

Hal ini bisa dimaklumi karena letak geografis Indonesia yang membujur di garis khatulistiwa. Dari barat hingga ke timur begitu simetris, berada di wilayah tropis.

Baiklah Sahabat, dibawah ini adalah 10 kota Indonesia dengan suhu terpanas. Apakah kota Sahabat ada dalam daftar?

1. Pekanbaru, Riau
 

Kota Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau. Cuaca dikota yang bergelar Kota Bertuah ini rata-rata Suhu berkisar antara 32 - 36 C pada siang hari. Terutama pada saat matahari sedang berada di belahan utara bumi.

2. Dumai, Riau
 

Dulunya kota Dumai adalah kota terluas nomor 2 di Indonesia, setelah kota manokwari. Di kota ini suhu udara rata-rata berkisar 32 - 36 C setiap tahun. Terutama pada musim kemarau.

3. Surabaya, Jatim
 

Kota terbesar kedua di Indonesia, setelah Jakarta ini, termasuk kota yang sangat panas. Suhu dikota yang berlambang hiu dan buaya ini berkisar antara 31 - 34 C

4. Pangkalan Kerinci, Riau 
 

Ibu kota Kabupaten Pelalawan ini terletak di jalan raya Lintas Timur, Sumatera. Sehingga dikatakan kota ini sangat berpotensi untuk berkembang. Rata-rata suhu di kota ini 31 - 35 C.

5. Cirebon,  Jawa barat
 

Kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya ini termasuk kota yang sangat panas. Suhu berkisar antara 31 - 34 C

6. Bengkalis, Riau
 

Kota yang terkenal dengan ikan terubuk ini wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km². Kota ini termasuk kota yang sangat panas. Suhu rata-rata pada saat musim panas adalah 33 - 36 C.

7. Medan, Sumut
 

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Suhu di kota ini berkisar 30 - 35 C pada siang hari.

8. Limapuluh, Sumut
 

Limapuluh adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia. Kecamatan ini sekaligus pula menjadi ibukota dari Kabupaten Batubara yang baru. Suhu di kota ini rata-rata 31 - 34 C pada siang hari.

9. Sei Rampah, Sumut
 

Kecamatan Sei Rampah adalah sebuah kecamatan dan ibu kota Kabupaten Serdang Bedagai di Sumatera Utara. Kota kecil ini termasuk kota yang paling panas di Indonesia. Suhu rata-rata 30 - 34 C

10. Rantau Prapat, Sumut. 
 

Rantau Prapat merupakan ibukota Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia. Rantau Prapat dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Suhu di kota ini berkisar 30 - 34 C pada siang hari.

Kelihatannya kota-kota paling panas di Indonesia sebagian besar terletak di Sumatera. Khususnya pada Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Beberapa kota di daerah lain kadang-kadang memang lebih panas dari kota-kota di atas. Namun tidak tidak permanen, hanya bersifat insidentil karena ada pergerakan angin panas yang melewatinya.

Well, Sahabat Populer, adakah kotamu termasuk dalam daftar kota-kota terpanas di atas?

17 comments :

  1. gw di pekanbaru,,yeah the hottest city in sumatra

    ReplyDelete
  2. Jambi ngga ada? Jambi itu panas bgt tau, malam aja panas nya gila, suhu nya 32-35°c

    ReplyDelete
  3. Jambi ngga ada? Jambi itu panas bgt tau, malam aja panas nya gila, suhu nya 32-35°c

    ReplyDelete
  4. sepertinya penulis belum pernah kunjungi kota kupang, suhu udaranya bisa mencapai 40°c

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah 40!Masa?
      Coba lempar telor ayam mentah ke jln, klo sampe mateng terpanggang , kupang cocok jd kota barbeque

      Delete
  5. saking panas nya Di cirebon bnyk kasus ac meledak krn dipaksa mengatur udara

    ReplyDelete
  6. indonesia itu panas semua om,daerah dataran tinggi aja sekarang udah mulai panas

    ReplyDelete
  7. Belum tau semarang :v... Semarang yg daerah dekat bandara bisa sampe 42°

    ReplyDelete
  8. Kalau SORONG (PAPUA BARAT) itu 24 jam tetap panass,makanya orang yg kulit putih kalau ke sorong tetap kulit agak hitam

    ReplyDelete
  9. Semarang juga panas.
    Suhunya bisa 34-37 C

    ReplyDelete
  10. Cilegon kaya di panggang gilaaaaa

    ReplyDelete
  11. surabaya paling panas.. gak peduli pagi, siang, dan malam.

    ReplyDelete
  12. tanggerang.... masak aer gk perlu pake kompor percaya atau enggak mateng sendiri :v

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test