Breaking News
recent

8 Keuntungan Mencatat Dengan Tangan Dibanding Mengetik dengan Laptop

Ditengah derasnya arus teknologi kita berubah menjadi makhluk yang manja, lemah, cengeng, dan kecanduan terhadap hal-hal yang canggih. Banyak hal yang mengandung banyak kebaikan namun kita tinggalkan hanya karena tidak ingin ribet dan tidak canggih.

Kita tak mau lagi menapaki anak-anak tangga karena sudah ada eskalator dan lift, padahal itu sehat. Kita tak mau lagi menyimpan photo dalam dompet karena sudah ada android, padahal itu romantis. Kita tak mau lagi menulis dengan tangan karena sudah ada laptop untuk mengetik dan android untuk memotret, padahal itu jauh lebih baik.

Memang, jika tujuan kita adalah bekarya dan mencapat target dalam pekerjaan kita lebih baik menggunakan alat-alat yang canggih. Karena, kita akan dipermudah untuk mewujudkan tujuan itu. Tapi, dalam urusan belajar, mencatat dengan tangan jauh lebih baik daripada mengetik dengan laptop atau memotret dengan android.

Ayo Sahabat Populer, kita lihat apa saja keuntungan yang kita dapat jika mencatat dengan tangan. Ikuti saya! Simak baik-baik ya.

1. Lebih fokus. Bebas dari gangguan dunia maya dan aplikasi hiburan


Biasanya, apa yang Sahabat lakukan jika bekerja menggunakan laptop? Buka Medsos, chating, browsing, dengar musik, atau bahkan nonton? Berapa kali Sahabat lakukan itu di ruang perkuliahan?
Bersyukurlah Sahabat jika mencatat dengan tangan. Sahabat terbebas dari semua godaan buruk itu. Fokus pada materi kuliah.

2. Memacu otak untuk lebih mudah ingat


Lihat cara guru TK mengajar. Ketika mengucapkan huruf A mereka akan membentuk kedua tangannya menjadi huruf A. Jika mengucapkan kerbau mereka akan menegakkan kedua telunjuknya membentuk tanduk. Untuk apa itu? Visual dan gerak itu akan membuat siswa cepat paham. Jika sudah paham maka akan tersimpan di dalam benak lebih kuat, lebih tajam, dan lebih lama.
Begitu juga halnya dengan mencatat dengan tangan.

3. Kemampuan menganalisis lebih luas dan lebih tajam


Dikarenakan kemampuan pemahaman konseptual yang lebih kuat akan membuat daya analisispun jauh lebih luas dan lebih tajam terhadap materi yang sedang disajikan. Tidak mengherankan jika mereka yang suka mencatat dengan tangan lebih visioner, kritis, dan punya argumen yang mencengangkan.


4. Hasil penelitian membuktikan orang yang mencatat dengan tangan mendapat nilai lebih baik daripada mereka yang mengetik


Penelitian yang dilakukan oleh Mueller dan Oppenheimer menunjukkan bahwa mereka yang mencatat dengan tangan mendapatkan nilai yang lebih baik saat ujian dibanding mereka yang mencatat dengan laptop.
Seluruh subjek penelitian diberikan waktu sepekan untuk mempelajari catatan mereka sendiri. Saat hasil ujian keluar, mereka yang mencatat dengan tangan mengaku lebih menguasai materi karena proses mencatat dilakukan dengan gaya bahasa dan menciptakan konsep sendiri.

5. Membuat kita lebih selektif menerima dan mengolah informasi


Mencatat dengan tangan memang lebih lambat daripada mengetik dengan laptop atau memotret. Tapi disitulah kelebihannya. Kita tidak mencatat semua informasi dari dosen bulat-bulat. Sambil mencatat kita membuat kalimat kita sendiri yang lebih mudah dipahami.

6. Keakraban dan nilai sosial terjalin lebih erat


Masih ingat adegan dalam film-film lama tentang teman yang datang ke rumah meminjam buku catatan? Meminjam catatan sambil bersilaturahmi. Masih adakah hal seperti itu pada zaman serba digital ini? Paling juga teman akan meng-copy di kampus. Selesai meng-copy ucapkan thanks. Selesai!

7. Bebas dari ketergantungan terhadap daya listrik dan baterai


Kita bisa menulis puisi di tepi pantai sambil menikmati angin dan ombak. Atau di tengah ladang sambil mengusir burung. Tak butuh listrik dan baterai. Sinyal 3G? Apa itu?

8. Lebih kreatif


Coba lihat kembali buku catatan kita waktu SMA dulu. Lihatlah kalimat-kalimat penting yang kita garis dengan tinta merah, atau alur kegiatan praktikum yang kita buat sedemikian lengkap, atau catatan-catatan kecil yang kita buat untuk melengkapi dan menunjang pemahaman kita terhadap materi.
Kalau mengetik dengan laptop mana mungkin kita akan mengerjakan semua itu. Mendingan chating dan dengar musik.

Jadi, gimana Sahabat Populer? Masih kecanduan mengetik dengan laptop saat belajar? 
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.