Breaking News
recent

Memakai Helm Saat Berkendara Itu Berpahala

Setiap akan berangkat menuju ke medan perang Rasulullah SAW selalu membuat persiapan matang. Tak tanggung-tanggung, beliau selalu memakai baju zirah sebanyak 2 lapis. Bukan karena beliau takut mati atau terluka di medan perang. Tapi, hal itu dilakukan karena beliau ingin menyempurnakan syariat. Seandainya nanti beliau gugur di medan perang, tak ada lagi rasa menyesal dan rasa malu yang beliau tanggung ketika menghadap Allah SWT. Karena, beliau sudah menjalankan tanggung jawabnya secara sempurna.
Begitu juga halnya dengan kita pada zaman ini. Jika ingin mengerjakan sesuatu sebaiknya melakukan persiapan dengan sempurna. Agar nanti kita tidak menyesal apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya, ketika akan mengendarai sepeda motor, kita wajib menggunakan helm untuk menjalankan syariat sebagai makhluk ciptaan Allah, sekaligus sebagai wujud ketaatan kita terhadap undang-undang yang berlaku.

Ingat lho, tubuh kita ini milik Allah! Kepala kita juga milik Allah. Kita hanya dipinjami kepala ini selama kita hidup di dunia. Kita memiliki tanggung jawab penuh untuk melindunginya. Andai kata kita menyia-siakan kepala ini, tidak menyempurnakan syariat untuk menjaganya, kira-kira Allah marah ga?

Jadi sebenarnya, memakai helm saat berkendara itu merupakan wujud tanggung jawab kita kepada Allah yang bernilai ibadah jika kita melaksanakannya dengan ikhlas. Sedangkan keuntungan-keuntungan lain hanyalah bonus semata. Tapi, poin inilah yang utama, menyempurnakan syariat, mengupayakan persiapan dengan matang.

Adapun manfaat penting jika kita memakai helm saat berkendara adalah seperti yang penulis buat di bawah ini. Di baca baik-baik ya Sahabat.

1.  Melindungi kepala jika terjadi kecelakaan

Kata orang, malang tak berbau. Seandainya terjadi kecelakaan pada saat berkendara mudah-mudahan akibatnya tidak fatal karena kita memakai helm. Helm standar ya Sahabat! Jangan yang abal-abal. Berapapun mahalnya harga helm nilai itu akan terasa sangat kecil jika kita bandingkan dengan harga kepala kita.
2. Melindungi mata dari debu saat berkendara

Helm standar biasanya dilengkapi dengan kaca penutup muka. Ketika berkendara banyak sekali debu beterbangan dan masuk ke mata. Tentu saja ini sangat berbahaya. Namun, jika kita sudah memakai helm standar maka kita tak perlu lagi mencemaskan hal itu. Insya Allah aman.

3. Melindungi kepala dari sengatan matahari, air hujan, dan kotoran burung

Tadi pagi baru keramas. Sekarang berpanas-panasan di jalan. Rambut kita jadi tidak wangi lagi. Tapi, jika kita memakai helm insya Allah rambut kita akan tetap terlindungi dari terik matahari, air hujan yang bikin sakit kepala, atau mungkin juga kotoran burung yang jatuh entah darimana.

4. Membuat rambut lebih rapi saat berkendara


Jika Sahabat berkendara tidak memakai helm bisa dipastikan rambut Sahabat akan jadi kusut dan berdebu. Hal ini menjadi lebih parah bagi Sahabat cewek yang memiliki rambut panjang. Makanya, pakai helm kalau naik motor!

5. Lebih fashionable

Memakai helm tidak hanya karena alasan keamanan semata. Saat ini helm juga dibuat lebih nyentrik. Sama halnya dengan pakaian, banyak jenis dan modelnya. Sehingga terlihat sangat modis bila dipakai dengan motor yang pas.

6. Mentaati peraturan berkendara

Warga negara yang baik pasti taat hukum. Jika berkendara pasti pakai helm. Tak suka ditilang pak polantas kan?

Jadi... gimana Sahabat? Masih tak mau pakai helm saat berkendara? Haaa... rugi!
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.