Breaking News
recent

11 Tips Sarapan Nikmat, Sehat, dan Murah, Untuk Karyawan Kantor

Pada umumnya masyarakat Indonesia yang bekerja di kantor tak sempat sarapan dirumah. Alasannya, bisa jadi karena terlambat bangun, tidak ingin terlambat ke kantor, tidak sempat memasak, atau bisa jadi juga karena belum selera sarapan pagi-pagi. Akhirnya sarapan di kantin yang ada di sekitar kantor menjadi pilihan utama agar perut tidak keroncongan pada saat bekerja.
Kebiasaan ini tidaklah buruk asalkan tetap jajan makanan sehat dan harganya murah.

Sudah bukan rahasia lagi pemilik-pemilik kantin yang ada disekitar kita lebih mementingkan rasa yang lezat daripada memperhatikan aspek kesehatan. Mereka tak segan-segan mengucurkan penyedap rasa agar makanannya lebih gurih. Padahal itu sangat tidak dianjurkan. Apalagi sebagai hidangan sarapan pagi.

Sebetulnya, sarapan nikmat dan sehat tidak selalu indentik dengan harga mahal. Jika kita rajin jalan-jalan berburu kuliner maka akan kita temukan bahwa masih sangat banyak makanan nikmat dan sehat tapi tetap murah. Hanya saja kita sering malas untuk mencoba-coba makan di kantin berbeda dari tempat yang biasa kita kunjungi. Akhirnya kita terjebak sarapan di tempat yang sama seumur hidup.

Baiklah Sahabat Populer, kali ini penulis ingin berbagi tips tentang sarapan nikmat, sehat, dan murah untuk Sahabat yang bekerja di kantor. Perhatikan baik-baik ya, jangan ada yang tertinggal!
Selamat mencoba! Bon apetite!

1. Wajib meminum air putih terlebih dahulu

Ingat!!! Jangan pernah sarapan sebelum minum air putih, minimal 4 teguk. Ini sangat penting untuk kesehatan! Terutama untuk menghilangkan penyakit bau mulut dan susah BAB.

2. Sebaiknya konsumsilah buah terlebih dahulu

Banyak orang yang tak suka makan buah pagi-pagi. Padahal makanan yang paling cepat dicerna oleh tubuh adalah buah. Jangan paksa organ tubuh mencerna yang susah-susah disaat masih pagi.
Buah kaya vitamin yang kita butuhkan untuk menjaga stamina selama bekerja nanti. Jika pekerjaan Sahabat banyak di depan komputer, sebaiknya makanlah buah-buahan yang berwarna kuning.

3. Makanlah 1 butir telur 

Ini adalah makan utama untuk sarapan. Karna kandungan proteinnya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita selama bekerja nanti. Telur rebus lebih sehat daripada telur gulai atau telur goreng.
Jika pekerjaan Sahabat berat, tak ada salahnya jika Sahabat memakan 2 atau 3 buah telur rebus.

4. Pilihlah menu yang mengandung protein tapi rendah lemak

Selain protein kita juga butuh zat besi dan karbohidarat. Pilihan terbaik untuk kedua hal ini ada pada bubur kacang hijau, sandwich, atau kue serabi.

5. Minumlah susu, jeruk peras, atau jus sebagai minuman pendamping

Vitamin dan protein juga bisa kita dapatkan dari minuman lho. Slamatkan mata yang terus menatapa layar komputer dengan banyak meminum jus buah yang berwarna kuning.

6. Pada hari libur, carilah kantin yang cocok di daerah sekitar kantor


Pada hari kerja Sahabat mungkin tak sempat melakukan ini. Jadi, tak ada salahnya beberapa kali hari Minggu Sahabat sarapan di kantin-kantin berbeda di sekitar kantor Sahabat.

7. Seandainya mungkin, sarapanlah di kantin sekolah

Ini terdengar sedikit mengada-ada. Tapi, biasanya kantin sekolah jauh lebih murah daripada kantin-kantin di tempat lain. Jenis makanan disanapun biasanya sangat beragam. Tak ada salahnya kita bergabung dengan guru-guru yang mengajar di sana untuk sarapan. Sekalian cari teman di luar kantor.

8. Porsi sedikit tapi sering lebih baik daripada sesekali tapi porsi banyak

Sarapan dengan porsi banyak membuat kita kekenyangan dan menjadi malas kerja. Kita malah jadi mengantuk dan ingin segera BAB. Tentu saja ini sangat mengganggu. Makanlah secukupnya. Lalu beli makanan kering untuk cemilan dikantor.

9. Hindari makanan berlemak dan banyak mengandung vetsin 

Kita orang Indonesia punya slogan, "Belum makan namanya kalau belum makan nasi". Tapi ingat, ini bukan makan siang atau makan malam. Jadi sebaiknya hindari dulu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan vetsin.

10. Hindari makanan dengan bau menyengat

"The worst smells the best!". Nggak banget deh. Kasihan teman-teman sekantor cuma dapat baunya doank dari the best food yang kita makan.

11. Bagi perokok, tahanlah keinginan untuk merokok.


Poin ini malah lebih buruk dari poin di atas. Selain baunya yang menyengat dampaknya juga sangat berbahaya bagi kesehatan. 
Tahan dulu, jangan merokok sampai makan siang nanti. Kalau bisa, habis makan siang tahan lagi hingga makan malam nanti. Begitu seterusnya.

Jadi, poin nomor berapa yang paling sering Sahabat santap pada saat Sarapan? Kalau saya poin no 1, 3, 4, dan 5.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.