Breaking News
recent

Bisakah Nyamuk Menularkan Virus HIV?

 
Belum ada data ilmiah yang menyatakan bahwa nyamuk mampu menularkan virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) melalui gigitannya. Karena, virus HIV ini sangat membutuhkan sel T untuk bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Sel T terdapat dalam darah manusia. Jika sel T ini ada maka virus HIV akan hidup. Jika tidak ada, virus ini akan mati. 

Sel T ini adalah anggota kelompok sel darah putih yang berperan aktif dalam sistem kekebalan tubuh manusia. 

Saat nyamuk menghisap darah pengidap virus HIV positif, darah akan masuk ke sistem pencernaan nyamuk. Dikarenakan nyamuk tidak memiliki sel T seperti yang dimiliki manusia maka virus HIV akan mati dengan sendirinya. Jadi, dengan kata lain, sistem pencernaan nyamuk menetralisir virus mematikan tersebut. 

Alasan lain mengapa nyamuk tidak bisa menularkan virus berbahaya ini adalah karena partikel virus yang di hisap nyamuk dari pengidap HIV positif jumlahnya sangat sedikit. Sehingga tidak memungkin virus ini berkembang. 

Penelitian dan uji laboratarium yang dilakukan oleh University of Princeton menunjukkan bahwa virus HIV tidak mampu berkembang biak saat  berada dalam sistem pencernaan nyamuk. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang melakukan riset di Amerika, tepatnya di daerah yang  jumlah kasus AIDS yang banyak, dan populasi nyamuk yang juga banyak, menunjukkan bukti bahwa nyamuk sama sekali tidak berperan dalam penularan virus HIV. 

Riset ini juga dilakukan terhadap perilaku menggigit nyamuk. Dan mereka berpendapat bahwa nyamuk tidk mungkin melakukan penularan virus HIV. Karena, setelah menghisap darah manusia nyamuk tidak akan langsung mengigit dan menghisap darah orang berikutnya. Biasanya, setelah menghisap darah, nyamuk akan mencari tempat untuk beristirahat dan mencerna darah yang telah dihisap. Jika kebetulan darah yang dihisapnya mengandung virus HIV, maka pada fase ini virus HIV akan mati di dalam sistem pencernaan nyamuk. 

Jadi, dari bukti ilmiah ini dapatlah disimpulkan bahwa belum ada bukti bahwa nyamuk bisa menularkan virus HIV melalui gigitannya. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kita tidak perlu marasa takut untuk tinggal berdekatan dengan pengiap HIV positif.
Muhammad Junaidi

Muhammad Junaidi

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.