Breaking News
recent

13 Kegiatan Seru Ketika Mati Lampu (Byar Pet)

Fenomena mati lampu bukanlah suatu hal yang pantas untuk dibesar-besarkan. Apalagi di negara kita, khususnya di tempat penulis tinggal, mati lampu secara bergiliran, atau biasa di sebut dengan istilah byar pet ini, sudah menjadi agenda rutin kami setiap tahun. Di tempat kami mati lampu seperti minum obat, 3 kali sehari.

Sebetulnya, jika kita bijak menyikapinya, saat mati lampu adalah waktu yang sangat berkualitas. Kita bisa lebih dekat dengan keluarga, ngobrol bersama, bermain bayangan, atau belajar bersama tanpa gangguan acara televisi, laptop, atau alat elektronik lain yang membutuhkan daya listrik. Senter yang sederhana bisa menjadi alat permainan yang sangat mengasikkan.

Namun, jika kita menyikapi mati lampu dengan banyak berkeluh kesah maka penderitaaan yang kita alami malah lebih pedih  daripada kenyataannya. Bayangkan jika sekali byar pet durasinya 2 jam, 3X dalam sehari, apa yang terjadi? Bukan hanya penderitaannya saja yang pedih tapi mengeluh itu juga bikin capek. Buang-buang energi percuma.

Giliran mati lampu bisa kapan saja, tanpa mengenal waktu. Bisa pagi, siang, sore, malam, bahkan subuh. Namun, biasanya yang paling membuat kita jengkel adalah ketika sore dan setelah makan malam, hingga menjelang tidur. Karena pada saat itu kita sedang berada di rumah dan sangat butuh hiburan. 
Tapi, jangan hanya gara-gara mati lampu emosi kita terkuras. Ayo ikuti penulis! Kita intip, kegiatan apa saja yang bisa seru selama menikmati mati lampu. 

1. Main bayangan (kalau malam) 
Ajak adik main bayangan. Buat bayang ular, kambing, harimau, atau burung. Jangan lupa suaranya, tiru dengan mulut.  
 
2. Membaca buku atau membuat tugas 
Ambil senter, lilin, atau lampu emergency. Sambil menunggu lampu menyala ayo membaca. Lebih tenang, tak ada suara berisik dari televisi. 
 
3. Ibadah dan berdoa
Seharusnya ini menjadi pilihan utama kita. Ambil wudhu, laksanakan shalat, lalu berdoalah lebih panjang. Insya Allah lebih khusuk karena tak ada suara-suara mengganggu.

4. Melihat bulan bintang (kalau malam)
Ketika lampu menyala mana bisa kita menikmati keindahan ini. Sekaranglah saatnya. Ayo duduk diluar. Kita nikmati romantisnya.. Yuu huu...
5. Bermain bersama keluarga
Selama listrik hidup kita jarang bisa akrab. Masing-masing sibuk dengan laptop, HP, atau nonton TV. Sekarang mati lampu, ayo ajak mereka main lumpur. 
6. Ajak tetangga untuk ngobrol
Panggil tetangga sebelah, bikinkan dia kopi, ajak main catur atau ular tangga. Bersilaturahmi dengan tetangga membuat umur lebih panjang dan murah rejeki. 
 
7. Main dengan kucing atau peliharaan lain
Ambil potongan kayu kecil pendek, lalu ikat dengan tali, lalu ajak si Kitty bermain. Dijamin, waktu 2 jam tak kan terasa. 
8. Berkirim pesan (Texting/mailing)
Cari nama orang di list yang paling jarang di ajak ngobrol. Kirimi dia pesan. Siapa tau dia bisa jadi teman menyenangkan. Kalau tak dibalas, mungkin dia lagi sibuk. 

9. Mendengarkan musik atau main game pakai ponsel
Jika suasana terlalu sunyi tak ada salahnya kita mendengarkan musik dari ponsel. 

10. Main gitar dan minum kopi di depan rumah
Bikin kopi lalu mail gitar, lalu duduk di teras rumah. Biasanya jam segini si Titi lewat. Pura-pura main gitar ahh...

11. Tidur
Jika tak mood melakukan apapun, ya mendingan tidur deh. Mengurangi peluang berbuat yang tidak-tidak.

12. Jalan-jalan
Jalan-jalan di seputar tempat tinggal juga asik. Pasti mereka semua sedang duduk di luar rumah. Sapa mereka, berikan senyum paling manis. 

13. Beres-beres rumah
Banyak bagian di dalam rumah yang butuh sentuhan tangan kita. Kalau perlu re-set letak barang-barang biar lebih fresh. 
Menurut Sahabat, mana kegiatan yang paling menarik? Kalau saya nomor 2, 7, dan 10.. :D
Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.