Breaking News
recent

Perbedaan Sebutan Jenis Jalan di Luar Negeri -- STREET, ROAD, AVENUE, TOLL, BOULEVARD, DRIVE, COURT, HIGH WAY, PIKE



Apa yang Sahabat bayangkan jika saya menyebutkan jalan, jalan raya, jalan lintas, jalan motong, jalan tikus, gang, gang buntu? Tentu saja yang ada di bayangan Sahabat jenis-jenis jalan tersebut berbeda dalam hal keramaian pengguna jalan, tujuan, dan kenderaan yang melewati tempat tersebut, bukan?

Begitu banyak kata yang kita punya hingga kita bisa menjelasakan keadaan suatu jalan tanpa menjelaskan.  Mari kita bersyukur karena memiliki bahasa yang begitu kaya. 


Namun, dikarenakan kita sudah sangat paham dan biasa menggunakan istilah sebutan di atas maka tak ada perlunya saya membahas hal yang sudah kita ketahui bersama.

Pada postingan kali ini saya lebih tertarik membahas hal yang sebaiknya kita tahu tentang sebutan jenis-jenis jalan di luar negeri dengan bahasa asing (Inggris). Siapa tahu ada diantara kita nantinya berkesempatan jalan-jalan keluar negeri. Kalau dipahami benar perbedaan nama jalan ini justru memudahkan kita untuk mengidentifikasi jenis jalan. Misalnya apa beda jalan yang disebut Avenue dengan Drive, dan sebagainya.

Di luar negeri, misalnya di Singapura atau Amerika jika kita merujuk sebuah jalan besar atau jalan utama di kota besar, maka nama yang  biasanya dipakai adalah Avenue (Ave). Seperti Pennsylvania Avenue di Washington DC atau Fifth Avenue di New York.   Kalau jalan itu cukup besar dan lalu lintas ramai, atau jalan yang menghubungkan antar kota kecil, namanya cukup Road (Rd), misalnya River Road. Sementara untuk jalan dalam kota disebut Street (St) saja.

Jika kita Melewati sebuah kompleks perumahan, tentu sebutan jalan yang digunakan juga pasti berbeda. Untuk kompleks perumahan biasa nama jalan yang digunakan biasanya disebut drive (Dr), sedangkan boulevard (Blvd/Bl) biasanya digunakan untuk sebutan jalan pada perumahan mewah. Tapi, ini bukanlah sebuah keharusan, tergantung kebiasaan saja. Artinya boleh-boleh saja kalau perumahan kecil memakai nama boulevard. 

Ciri-ciri boulevard yaitu jalan besar yang terdiri dari 2 arah berlawanan dan masing-masing arah memiliki beberapa jalur, rata-rata 2 jalur; diantara 2 arah tersebut terdapat taman kecil dengan pepohonan. Di pinggir jalan tersebut biasanya diperbolehkan untuk parkir. Truk berkapasitas 5 ton lebih biasanya tidak diperbolehkan lewat.

Di beberapa tempat, sebutan drive bisa berupa jalan besar dua arah berlawanan, dengan masing-masing 2 jalur atau lebih, dan mempunyai ciri khas yaitu mengikuti kontur bukit, danau, atau kondisi alam lainnya. Misalnya, Lake Shore Drive di Chicago yang mengikuti garis tepi danau Michigan, dan Skyline Drive di San Francisco.

Ada lagi yang disebut dengan istilah Court. Biasanya nama ini digunakan untuk jalan-jalan yang ujungnya buntu alias membuat kita melingkar. Umumnya jalan ini memang berbentuk melingkar.

Kalau jalan antar kota disebut High Way.  Jalan jenis  ini sesungguhnya terbagi dua. Misalnya, ada jalur timur-barat, barat-timur.  Nama jalur ini selalu mengunakan angka genap misal, High Way 76, yang berarti menghubungkan antara Philadelphia dan Pittsburg.

Sementara yang satu lagi adalah High Way yang menghubungkan  utara-selatan atau sebaliknya. Jalur ini pasti diberi angka ganjil, misalnya High Way 95, yang menghubungkan Miami dan New York di pantai timur.

Pemberian nama jalan memudahkan pengguna jalan untuk mengidentifikasi pengguna jalan kalau  tersesat.  Kalau plang yang kita lihat namanya 76 East, berarti kita menuju timur. Kalau 76 West berarti kita menuju barat. Lihat, angkanya sama-sama genap, bukan?  Sedangkan, kalau 95 South, artinya kita mengarah ke selatan menuju Texas hingga Meksiko. Sementara kalau kalau 95 North, bisa mencapai Montana lalu ke Kanada.
Lain lagi untuk sebutan jalan tol, di Amerika biasanya disebut Toll Road dan adanya di dalam jalan High Way.  Ada pula nama jalan yang diakhiri dengan Pike. Seperti di Lancaster, ada nama jalan Harrisburg Pike yang artinya jalan tersebut menuju Harrisburg. Kalau di Indonesia seperti Jakarta menuju Bogor, maka namanya Jalan Raya Bogor. Tapi kalau jalannya ditambah, ada kata Turn, misalnya Penna Turnpike,  maksudnya jalan itu menuju High Way.

Avenue


















Boulevard

Street

Randu Arbitra

Randu Arbitra

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.