Breaking News
recent

Mitos Tentang Reaksi Tubuh dan Artinya

Tubuh adalah satu kesatuan yang terorganisir sedemikian sempurna. Mulai dari ujung rambut sampai telapak kaki. Selalu bersinergi dalam semua hal. Melakukan tugas masing-masing, namun memiliki satu tujuan yang pasti, yakni hidup.
Pemimpin tertingginya adalah otak, yang selalu memberikan perintah tentang apa yang seharusnya dilakukan dan yang tidak. Dalam banyak hal perintah otak wajib diikuti.


Namun, otak tak selalu ingin menang sendiri. Pendamping penyeimbangnya kadang memberikan masukan yang berbeda untuk menjadi pertimbangan. LAKUKAN kata otak! Tapi pendamping itu kadang memberikan pertimbangan lain, JANGAN! Karena jika tubuh melakukannya akan berakibat buruk. 


Baca juga : 13 Mitos Seputar Ibu Hamil
Walaupun otak adalah pemimpin tertinggi yang memberikan perintah kepada bagian tubuh lain tetapi tak jarang otak mengalah pada pendamping penyeimbangnya itu. Pada akhirnya, otak memerintahkan tubuh untuk melakukan hal sebaliknya dari perintah pertamanya. Pendamping itu adalah hati (kalbu). Mereka berdua tidak saling bertolak belakang. Mereka bersinergi, bermufakat, dan saling melengkapi,  dalam mengambil keputusan.
Namun, tidak setiap bagian tubuh diperintahkan oleh otak. Banyak diantara mereka bekerja sendiri sesuai dengan takdir penciptaan. Misalnya, alat pencernaan, keringat yang keluar, dan gerakan refleks.
Nah, Sahabat Populer, kali ini kita fokuskan kajian kita pada reaksi-reaksi tubuh yang tidak diperintahkan oleh otak ini. Lalu reaksi bawah sadar itu kita kaitkan dengan mitos yang sering diucapkan oleh orang-orang tua kita dulu. Kita lengkapi juga dengan makna dari reaksi itu. Berikut ulasannya.

1.    Telapak Tangan gatal 


Konon katanya kalau telapak tangan kiri yang gatal maka bersiaplah untuk menerima uang/rejeki mendadak. Tentu saja ini menjadi kabar gembira. Semoga saja telapak tangan kiri kita sering gatal. Kalau perlu kita letakkan ulat bulu di telapak tangan kiri kita biar gatal. Hehehe...
Sebaliknya, kalau yang gatal itu dalah telapak tangan kanan, bersiaplah untuk membongkar tabungan. Bakal ada pengeluaran yang tak terduga dalam waktu dekat. Mudah-mudahan telapat tangan kanan kita tidak pernah gatal ya, Sahabat. Mari rajin-rajin mencuci tangan dengan sabun.

2.    Telapak Kaki Gatal

Baca juga : 15 Mitos Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan dan Alasannya


Kalau telapak kaki kiri yang gatal konon tak lama lagi kita akan melakukan perjalan jauh. Mudah-mudahan aja perjalan itu sampai ke Mekkah ya, Sahabat. Tapi, apa betul itu jemaah calon haji sering gatal telapak kaki kirinya ya?
Jika telapak kaki kanan yang gatal, berarti ada niat, tak lama lagi kita akan mengunjungi saudara kita yang sudah lama tidak kita kunjungi.

3.    Tergigit Lidah

Nah, si tukang gosip hati-hati lho. Mau lidahnya sering tergigit? Sebab kata orang-orang tua kita kalau tergigit lidah berarti kita suka menceritakan keburukan orang lain. Makanya gigi menggigitnya supaya berhenti.

4.    Bulu Mata Jatuh

Kayaknya orang yang sedang menjalin Long Distance Relationship (LDR) harus bersiap-siap untuk membeli bulu mata palsu. Konon katanya jika bulu mata kita rontok pertanda ada orang yang rindu dengan kita. Waduuhh repotnya kalau dia rindu 100 kali. Jengkel juga kita jadinya. Sini ketemuan aja, biar lepas rindunya.
Sahabat populer jangan sering-sering merindukan saya ya!!

5.    Tersedak ketika makan
Shia Labeuof (bintang film Transformer), Konstantin Tsiolkovsky (Ilmuwan), dan Mikhail Gorbachev (Mantan presiden Uni soviet), nampaknya bisa bernafas lega karena nama mereka susah untuk diucapkan.  Jadi, takkan banyak orang yang akan menyebut nama mereka. Mereka tak akan pernah tersedak ketika makan. Karena kata orang-orang tua kita jika ada orang yang sedang menyebut nama kita disaat kita makan maka kita akan tersedak.

6.    Telinga berdengung

Bersyukurlah kita kalau yang berdengung itu adalah telinga kiri. Karena menurut orang-orang tua itu pertanda bahwa Baginda Rasulullah SAW sedang menyebut nama kita. Pada saat itu kita disarankan untuk bershalawat kepada Rasulullah dengan mengucapkan Allahumma saliala Syaidina Muhammad wa’ala ali Syaidina Muhammad.
Alangkah baiknya Rasul yang mau menyebut nama kita. Padahal berjumpapun kita belum pernah.
Namun, jika yang berdengung itu adalah telinga kanan itu pertanda bahwa seseorang di atas bumi telah meninggal dunia. “Daunnya” di pohon sidratulmuntaha telah jatuh, dan daun itu menyentuh daun kita. Pada saat itu kita disarankan untuk mengucapkan  Lahaula wala kuwata illa billah.

7.    Mata berkedip-kedip

Kalau yang berkedip-kedip itu mata kita yang sebelah kiri pertanda akan menerima khabar yang tak baik.  Kalau yang sebelah kanan pertanda akan bertemu orang jauh. Kalau keduanya? Tak ada orang-orang tua mengasi khabar tentang ini.

8.    Bulu Kuduk Merinding


Baca artikel menarik lainnya di : Bacaan Populer

Nonton film hantu saja kita takut, apalagi kalau hantunya benar-benar datang ke dekat kita. Bisa-bisa pup in pant kita, kan? Kalau ada Sahabat mengalami bulu kuduk merinding kapan-kapan mendingan Sahabat baca ayat kursi berulang-ulang, atau pergi saja dari tempat itu cepat-cepat. Karena menurut orang-orang tua itu pertanda bahwa kita di dekati oleh makhluk halus. Syukur kalau makhluk halusnya baik. Kalau jahat ‘kan bisa kacau urusannya.

Itulah mitos dari reaksi tubuh kita yang dikatakan oleh orang-orang tua. Entah apa dasar dan alasan mereka membuat mitos seperti itu. Tapi, yang jelas mitos-mitos itu perlu kita kabarkan dari generasi ke generasi. Bukan sebagai sebuah pendapat ilmiah, tapi sebagai adat istiadat turun-temurun. Banyak dari mitos yang dikatakan orang-orang tua dengan maksud baik. Hanya saja kadang-kadang tak ada sangkut pautnya. Wallahualam bishawab...
Randu Arbitra

Randu Arbitra

2 comments:

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.