Breaking News
recent

Cara Mengeluarkan Kapas Cotton Bud Yang Tertinggal Di Dalam Kuping

Beberapa waktu yang lalu teman joging saya bercerita kepada saya bahwa dia baru saja pulang dari mengantar istrinya ke dokter. Katanya, ketika istrinya mengorek koping dengan cotton bud kapasnya tertinggal di dalam kupingnya.

Terlihat sekali raut kerisauan ketika dia menceritakan itu. Tapi, saya malah tertawa mendengar ceritanya. Saya pikir, kenapa harus pergi ke dokter kalau hanya mengeluarkan kapas cotton bud yang tertinggal di dalam telinga? Buang-buang duit. Mendingan uangnya untuk mentraktir saya makan siang dan minum jus. Andai saja dia memberitahu saya sebelum berangkat ke dokter. 


Terus terang, saya sudah puluhan kali mengalami hal itu. Kejadian seperti itu tak membuat saya panik, takut, khawatir, apalagi sampai pergi ke dokter.
Sebenarnya caranya sangat gampang. Bisa kita lakukan dengan cara seperti di bawah ini:


Baca Juga : 11 Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Rontok

1.  Ambillah sebatang lidi yang besarnya sedang saja.
2. Patahkan lidi itu menggunakan tangan karena ujung lidi yang berserabut yang kita butuhkan.
3.  Patahkan kira-kira panjangnya 7cm s/d 10cm.
4.  Masukkan lidi tersebut kedalam telinga hingga menyentuh kapas pelan-pelan.
5.  Setelah menyentuh kapas lidi itu sedikit ditekan kemudian diputar.
6.  Putar dengan satu arah saja bisa putar kekiri atau kekanan yang penting satu arah (Serabut yang diujung lidi tersebut akan mengikat atau menyantol kapas tadi karena perputaran lidi).
7. Putar sebentar saja kira-kira jika kapasnya sudah nempel di ujung lidi (biasanya akan terasa sedikit seret) kemudian tarik keluar pelan-pelan. Nah lho, keluar ‘kan?

Pada kesempatan ini penulis juga ingin berbagi tips memilih pengorek kuping yang baik:

1.  Pilihlah cotton bud yang tidak mudah lepas kapasnya. 

Baca Juga : 6Kondisi Kita Boleh Menceritakan Aib Seseorang

Biarlah harganya lebih mahal Rp 1000, yang penting aman ‘kan?
Bayangkan jika cotton bud itu dipakai anak kita yang masih kecil. Lalu kapas tertinggal didalamnya sampai beberapa hari sebab dia takut memberitahu kita karena takut dibawa ke dokter. Kan bisa panjang urusannya.

2.  Pilihlah cotton bud dengan ukuran yang pas.
Ukuran kapas yang terlalu besar akan membuat cotton bud tidak bisa digerakkan di dalam kuping. Lalu dimana letak nikmatnya mengorek kuping jika begitu.
Ukuran kapas yang terlalu kecil akan membuat kapas cepat kotor (menguning, isshhh...).

3.  Pilihlah stick yang tidak mudah patah.
Stick yang patah di dalam kuping jauh lebih berbahaya dibanding kapas yang tertinggal.
Ukuran stick jangan terlalu besar sehingga susah untuk digerakkan, jangan pula terlalu kecil sehingga mudah lentur atau patah.

4. Pilih cotton bud dengan kemasan tabung (tube) bukan bungkus plastik.

Baca Juga  : 12 Keuntungan Jomblo

Bagi Sahabat Populer yang baru ketagihan dalam urusan korek-mengorek kuping ini ada baiknya Sahabat membeli cotton bud dengan kemasan tube, bukan plastik. Karena, selain lebih aman dan bersih untuk menyimpan cotton bud dalam waktu lama, juga membuat cotton bud tidak mudah berserak-serak. Jika cotton bud sudah habis, belilah cotton bud dalam kemasan plastik. Lalu, masukkan ke dalam tube.

Ingat!! Jangan sekali-kali mengorek kuping dengan korek api, lidi, atau stick yang terbuat dari bahan logam, apalagi paku.. wuiihh. Karena, bagian dalam telinga kita sangat sensitif, gampang sekali berdarah.

Selamat mengorek kuping! Jangan merem-melek gitu donk!
Randu Arbitra

Randu Arbitra

69 comments:

  1. Terimakasih untuk info nya, sungguh bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Barusan suami mengalaminya, sempet panik,...ketemu blog ini lgs dipraktekan. It's work. Thanks a lot ya....

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak udh berbulan bulan kapasnya gak keluar keluar saya cari blog ini saya praktekan akhirnya keluar juga kapasnya maksih banyak iya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih sarannya bos aku pakai cotton but yang ku lepas kapasnya kemudian aku gunting miring lalu aku bikin serabut .akhirnya keluar juga kapasnya

    ReplyDelete
  5. alhamdulilah terima kasih saran nya.
    bermanfaat bngt bos

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya,,,barusan saya mengalami hal tersebut,,,saya sempet panik hendak pergi k dokter,,,untung sebelum saya pergi kekedokter,, saya baca dulu blog ini,,,.hasilnya luar biasa kapas nya keluar

    ReplyDelete
  7. Saya gagal karena sang kapas sudah terlanjur msuk kedalam....

    ReplyDelete
  8. Biasanya saya tak pernah gagal, Mas.. :D....Udah dicoba berapa kali?
    Kalau memang ga mau keluar, ya mungkin lebih baik di bawa ke dokter biar lebih aman. Tapi, biasanya dokter juga tak jauh beda dengan cara ini. Paling hebat cuma pakai pinset. setelah kapasnya keluar kita dikasi obat yang sebetulnya tak perlu..
    Semoga cepat keluar kapasnya ya Mas, Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank om ilmu.a brusan saya kemasukan tpi alhamdulillah udah keluar siip bnget ide. A

      Delete
  9. Hahhaa.. Cadass.. Nemu blog ini.. Praktekin langsung keluar.. Makasih banyaaaaakkkkkk...😘😘

    ReplyDelete
  10. Hahhaa.. Cadass.. Nemu blog ini.. Praktekin langsung keluar.. Makasih banyaaaaakkkkkk...😘😘

    ReplyDelete
  11. Klo kapas na uda basah karena kepikiran ngeluarin pake air dan ternyata g kluar jg.. ada solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan bgt sy coba.. saya nyari pengorek khusus telinga . Masukin pelan2.. mepet langit2.. jepit kapas.. lalu tarik keluar.. jgn sampai terdorong kdalam.. bahaya.. td jg terasa pening klo terdorong..

      Sbenernya dr td nyoba bgini jg sulit.. baru berhasil stelah ucap basmalah n la haula wa la quwwata ila billah

      Delete
  12. Klo kapas na uda basah karena kepikiran ngeluarin pake air dan ternyata g kluar jg.. ada solusi lain?

    ReplyDelete
  13. Mas Syafei.. biasanya ga ada masalah walaupun kapasnya basah.. dicoba aja mas pake tips di atas.. insya Allah keluar koq...

    ReplyDelete
  14. Aslam.mualaikum mas muhammad junaidi.

    Maaf mas sbelum y saya mau nanya penting,ini saya udah kemasukan kapas di kuping udh bertahun" mas,saya udh pernah coba pake cara mas,tapi gak pernah berhasil.n kapas y di dalam udh nempel kelet di dalam mas,gimana cara ngambil???

    Saya mau nyoba pake pingset tapi pingset yg khusus buat telinga yg jauh lebih kecil yg sering di pake dokter THT.mas tau gak pingset alat yg kaya gitu??n kalau tau bisa beli y dimana y mas??masalah y udh lengket kelet di dalam karena kelamaan bertahun" di dalam??
    Mohon petunjuk y akhir kata saya ucapkan terima kasih aslm.mualaikum wrb

    ReplyDelete
  15. Alhamduillahirobbil'alamiin... Terima kasih banyak !

    ReplyDelete
  16. Alhamdllah keluar jga.. lega rasanya.. mmg sdkit cemas,walaupun kapasnya basah dan trllu lama di telinga msih bsa keluar juga.. buat yg lg ada masalah kyk gini.. coba aja, pasti keluar kok 😊😊 mks info nya sgt bemanfaat mas RanduπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  17. Waaah...tipsnya ampuh tenaaan Mas.Ini saya lagi nunggu di antar ke dokter untuk ngeluarin cotton bud yang tertinggal, sambil nunggu iseng-iseng goeglinglah. Eh, ketemu artikel ini. Langsung praktekin deh...mantaaappp...langsung keluar. Makasih ya?

    ReplyDelete
  18. Mas/Mba Anonymous >> Walaikumsalam WW.. Udah keras ya kapasnya Mas/Mba? Coba dibelah pakai silet ujung lidinya Mas/Mba.. Klu ga bisa juga ya memang harus pake pinset. Tapi saya ga tau dimana ada dijual Mas. soalnya saya tak pernah ke dokter untuk masalah ini. Biasanya saya selesaikan sendiri aja pakai lidi. Cobalah cari di depot logistik alat kesehatan Mas. Saya doakan semoga berhasil ya Mas.. Ganbatte..

    Mas Attawwabin Bay >> Sama-sama Mas.. Korek terus yg dalam Mas, makin dalam makin nikmatZzssSs... :D

    ReplyDelete
  19. Mas/Mba Unknown >> Saling berbagi aja Mas.. based on self experience.. :D.. Korek terus Mas.. makin dalam makin asyik... (Randu nama alias saya Mas, aslinya Muhammad Junaidi)

    Mas Denik >> Pertanyaannya, setelah kapasnya keluar apa Mas Denik tetap masuk ke ruang periksa dokter THT? :D
    Salam korek kuping Mas.. ayo tetap berbagi.. :D

    ReplyDelete
  20. Tentu tidak jadi masuklah Mas. Mau ngapain lagi di dalam? Pulaaang..hehehe...oiya...Saya teh perempuan Mas. Denik itu singkatan dari Bude Nik..hehe

    ReplyDelete
  21. Alqamdulilah mas barusan kapasnya ketinggalan habis pakek cara ini bisa langsung keluar...

    ReplyDelete
  22. Mba Denik >> Syukurlah, bisa menghemat uang untuk berobat.. Senangnya jika memang tulisan saya ada manfaatnya :D...

    Mas Febri Anarkis >> Alhamdulillah... Salam kenal Mas, salam berbagi... :D

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah.jazakallah khoiron katsiron.dah nawaitu mo k dokter...qadarallah menu blog ini.simple...pas kluar senyum senyum sndri.

    ReplyDelete
  24. Terimakasih sarannya bermanfaat banget langsung dicoba Dan berhasil

    ReplyDelete
  25. alhamdulilah keluar kapasya gannnn hahahaha

    ReplyDelete
  26. Alhamdulilah berhasil..gk jadi kedokter... trmksih ilmunya..hehe

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah, akhkirnya kapas yang ada di telingaku keluar juga

    ReplyDelete
  28. Alhamdulilah...sangat bermanfaat sekali coba langsung kluar..

    ReplyDelete
  29. Ty ..syukur alhamdulillah keluar jugew akhirnya kapas

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah.. akhirnya keluar 2 kapas.. lgsg plong.. makasih sarannya.. sangat bermanfaat gan.. skali lg terima kasih

    ReplyDelete
  31. Makasih gan, semalam kejadian, yg panik malah isteri, untungnya sama mbah google suruh mampir kesini. and maaf. setelah smalam berhasil ga bisa langsung comment. skali lagi makasih, artikel yg sangat bermanfaat. smoga agan selalu sehat.

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, awalnya ragu takut lidinya patah di dalam,tapi ngga ada salahnya di coba,karena lihat komentar yg lain berhasil semua,Pas ane coba,alhamdulillah akhirnya sekali colok puter kiri dikit langsung keluar,terimakasih mas blognya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  33. Terimakasih mas sangat bermanfaat, saya langsung coba, alhamdulillah langsung berhasil padahal rencana besok senin mau ke dokter THT.

    ReplyDelete
  34. thank u so much.... it work....jadi gak perlu bayar mahal ke dokter....hhhehhehe

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah... akhirnya bisa juga setelah di coba beberapa kali. Agak sakit sih, cuma pas sakit terus putar, terus masuk kedalam aja sdikit2. Smpe ada yg terasa nyangkut2. Langsung tarik. Triknya terus putar ya... terimakasih buat abang yg bikin info populer and berguna sekali. Hehehe

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah...saia panik dan berusaha untuk ke dokter.krn takut kenapa mapa klo tindak sendiri..tp stlh baca blog ini...saia coba dan langsung berhasil...good idea..!!!

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah...saia panik dan berusaha untuk ke dokter.krn takut kenapa mapa klo tindak sendiri..tp stlh baca blog ini...saia coba dan langsung berhasil...good idea..!!!

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah...saia panik dan berusaha untuk ke dokter.krn takut kenapa mapa klo tindak sendiri..tp stlh baca blog ini...saia coba dan langsung berhasil...good idea..!!!

    ReplyDelete
  39. Subhannallah... Baru aja kejadian. Akhirnya bisa alhhamdulilah,m

    ReplyDelete
  40. Sempat panik mw nangis pas Cutton Bud ketinggalan ditelinga, browsing2 ternyata ada cara sederhana. Alhamdulillah bisa keluar jg itu benda dalam kuping. Jangan lupa pas nyoba baca doa mohon pertolongan Allah. Terimakasih utk info nya.

    ReplyDelete
  41. Makasiii mas.. alhamdulillah udah keluar itu kapas dari kuping saya. Ini ketinggalan dari siang, semalem mau nyoba masih takut eh barusan nyoba lagi alhamdulillahhhhhhhhh.. makasiiii banget infonya πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  42. Alhamduliilah baru aja kejadian lalu setelah aq ikut cara ini emang berhasil ...thanks ya sempat aja aq kawatir

    ReplyDelete
  43. hw udh masuk k dalem wkwkwk harus k dokter fakkk

    ReplyDelete
  44. Good bangat mas... langsung ke angkut kapasnya... makasih ya mas infonya.... saya bersyukur banagat... ga lagi" dah...ini pelajaran buat saya dan semoga bermanfaat kedepannya...

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah sangat membantu mas barusan aja kejadian dan setelah mencoba pakai lidi memang ampuh banget terimakasih mas

    ReplyDelete
  46. Terima kasih Mas atas share tips nya, saya jalankan tipsnya tsb, Alhamdulillah kapas cotton bud yg tertinggal di telinga bisa dikeluarkan. sy izin share tips tsb, sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
  47. Wah... mantap tenan infonya. Brusan kuping anak sy jg ada kapas yg tertinggal. Bgtu pake cara ini, lgsung keluar kapasnya. Tip sederhana tp kaya manfaat. Thanks mas bro...

    ReplyDelete
  48. makasih banyak mas randu sudah berbagi tips, kmrn suami juga mengalami hal yang sama, iseng saya browsing dan nemu blog ini, Alhamdulillah kapasnya beneran bisa dikeluarkan, ga perlu ke dokter THT deh jadinya. izin share yaa mas randu

    ReplyDelete
  49. Subhanallah, tdi nya saya udah panik ktinggalan kapas cutton bad dlem tlinga, krna penasaran saya cari d google dan bukak blog ini. Trnyata benar kapas nya bisa kluar dngan lidi saou���� mkasih bnyak yah min sungguh brmanfaat����

    ReplyDelete
  50. Hahahaha.....saya malah jadi ketawa sendiri. Pas saya praktekin ternyata bener nyangkut di lidi kapasnya. Normal lagi nih pendengaran Alhamdulillah. Makasih mas triknya yg gampang dan aman.

    ReplyDelete
  51. mas saya mau tanya istri saya kemasukan kapas dalam telinga , saya sudah coba cara yg diatas tapi kapasnya sudah terlanjur masuk malahan gak kelihatan lagi karna sudah masuk bangat, gimana caranya ya mas mohon sarannya apa yang harus saya lakukan biar kapasnya keluar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rizal Japrie
      Cobalah pakai tusuk gigi Mas, karena lidinya lebih keras. Lalu belah ujungnya agar kapasnya bisa nyangkut lebih kuat dan bisa diputar. Hati-hati waktu memasukkan ke telingas. Jangan sampai terkena gendang telinga.
      Tapi, kalau ga berhasil juga, saya ga tau cara laiin Mas. Kayaknya ke dokter THT adalah jalan terbaik. Saya menulis artikel ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi.
      Saya doakan semoga kapasnya cepat keluar ya Mas! Berdoa dan berusalah. Mudah2an Allah kasi jalan..

      Delete
    2. kalo saya pake tusuk sate,, saya buat seperti lidi,, ujungnya saya belah dikit sperti lidah bercabang,, alhamdulillah dapat
      terimakasih ya allah,,alhamdulillah ya allah

      Delete
  52. Hehehe ternyata banyak juga ya yang ngalamin kayak gini, aku juga ngalamin panik banget kapas nyangkut ditelinga, soalnya lumayan dalem, takut kalo masukin sesuatu malah kedorong kedalem, eh untungnya bisa diambil pakai pinset ;) jadi agak parno kalo pakai cotton bud

    ReplyDelete
  53. Makasih sekali sudah buat postingan ini yg sangat bermanfaat. Sukses selalu

    ReplyDelete
  54. kmr sore kapas cotton bud trtnggl dtelinga..br rencana k dokter td iseng buka pistingan ini..bismillah ntr sy cb ..smg bs keluar..

    ReplyDelete
  55. Allhamdulillah akhirnya keluar juga dri jam 2.30 sampe jam 4 bru kena di akalin....pas klr gila gede bgt....jadi iseng pke itu lgi...makasih om dh di kasih taw caranya....

    ReplyDelete
  56. terimakasih gan yang buat blog,,kepada allah saya bersyukur
    saya pake tusuk sosis terus saya buat mirip lidi,,, alhamdulilah dapat diambil
    ya allah terimakasih ya allah
    kepada pembuat blog sekali lagi saya ucapkan banyak terimasih bpak/ibu
    semoga amal ibadah bapak ibu dipahali oleh allah swt.. amin amin ya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puja kerang ajaib!!!

      Delete
  57. mantap !!
    pagi ini di kerjai istri cottombud ketinggalan kapasnya ..alhamdulillah keluar ..terima kasih .sangat sangat sangat bermanfaat ....

    ReplyDelete
  58. It works perfectly... mantap tips nya... tq banget

    ReplyDelete
  59. wah manjur banget..barusan saya coba, gak sampai 5 detik dah keluar kapasnya, sempat panik juga sih karna pengalaman pertama kemasukan kapas cotton bud..terimakasih banyak

    ReplyDelete
  60. Paniikk krn kedua kalinya terjadi..yg pertama ngeluarin duit 400rb utk kedokter.. eh yg kedua krn lg bokek, iseng google dan saya berhasillllllll... terima kasih.. 400rb gak melayang lg heheh

    ReplyDelete
  61. Gak sia-sia matahin lidi sangkar burung bapak kost. Thanks bro.

    ReplyDelete
  62. Mantap...sekali masukin puter tarik langsung kena/keluar..mksh gan...

    ReplyDelete
  63. Kemarin teman saya seperti itu cotton budnya keluar tpi ada selput lidinya nyangkut di dalam kuping cara. A gimna bang

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

Powered by Blogger.