Monday, March 9, 2015

Betulkah Bermain Hp Pada Saat Hujan Bisa Disambar Petir?

2 comments :
Jika malam hari turun hujan disertai dengan petir menyambar, kebetulan saat itu Sahabat Populer sedang sendirian di rumah, kira-kira apa yang Sahabat lakukan?

Penulis yakin hampir 100 %, Sahabat akan langsung masuk ke kamar dan mulai mengutak-atik HP. Apalagi jika saat itu listrik mati. Kegiatan BBM-an, SMS-an, atau internet-an adalah pilihan yang paling mengasikkan.

Namun, berbahayakah jika kita bermain HP disaat hujan turun disertai dengan petir?




Baca Juga :  Kebiasaan Buruk 11 Selebritis Hollywood 
 
Ketika HP aktif sinyalnya akan terus memancar, mencari, dan menerima gelombang elektromagnetik. Dalam proses ini sinyal dari HP akan memancar elektron bergerak yang menghasilkan medan magnetic gelombang listrik. Tetapi, apakah frekuensi sinyal dari HP bisa mengundang petir? Tidak ada pendapat ahli yang mengatakan demikian.

Memang, media tanah air telah mencatat ada beberapa korban yang disengat petir ketika bermain HP saat hujan turun. Misalnya ada Slamet Mulyono,Tuban, yang tewas di depan isterinya saat SMS-an dengan HP yang sedang dicas. Hafiludin dari Madura, yang tewas saat sedang bermain HP yang sedang dicas. Firdauzi Nuzula dari Aceh, yang tewas sambil menggenggam HP, diduga tersambar petir. Dan Wakidi, juga tewas saat bermain HP ketika hujan turun. Tapi, apakah petir yang menyambar itu diundang oleh sinyal HP yang sedang mereka gunakan? Tidak satupun pakar yang berkomentar tentang hal itu.



Baca Juga : Tidak Suka Mengerjakan Shalat? Tidak Masalah!
Secara logika, ketika hujan turun disertai petir, berapa banyak orang yang bermain HP? Apakah ada diantara mereka itu yang Sahabat Populer kenal disambar petir? Tidak ada, bukan? Jika memang ada, perlu dikaji lagi, apakah saat itu dia sedang berdiri di area terbuka, atau di bawah pohon kayu yang basah, atau di dekat aliran listrik? Jika memang demikian, berarti dia disambar petir bukan karena HP-nya.

Jadi, dapatlah disimpulkan bahwa memainkan HP disaat hujan turun disertai petir tidaklah berbahaya. Karena HP adalah perangkat nirkabel (wireless). Sengatan petir yang berkekuatan jutaan volt itu tidak bisa menumpang mengalir lewat sinyal HP. Jika ada yang disambar petir ketika memegang HP yang sedang dicas, itu bukan karena sinyal HP yang mengundang petir, tetapi aliran listriklah yang mengalirkan sengatan petir itu melebihi kapasitas yang seharusnya ke HP yang Sahabat Populer pegang.

Penulis sendiri pernah punya pengalaman. Tahun lalu, monitor komputer di rumah penulis 2 kali tersambar petir. Padahal, komputer itu tidak terhubung ke internet, baik menggunakan modem ataupun kabel. Berarti tidak ada sinyal elektromagentik yang dipancarkan.

Baca artikel menarik/terbaru lainnya di : Bacaan Populer

Hal yang sangat mengherankan, ketika petir keras itu menyambar monitor komputer mati seketika, tetapi CPU-nya tetap menyala. Kulkas dan dispenser juga tetap menyala. Kenapa hanya monitor yang mati? Nah, seharusnya hal inilah yang menjadi kajian kita. Mengapa hanya perangkat elektronik yang menggunakan monitor saja yang disambar petir. Televisi, komputer, laptop, dan HP. 

2 comments :

  1. kalo ane sih lebih baik mencegah sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test