Saturday, March 14, 2015

8 Manfaat Mandi Sebelum Subuh

No comments :


Sahabat Populer,  jam berapa biasanya Sahabat bangun pagi? Lalu mandi, menggosok gigi, dan menolong ibu, membersihkan tempat tidur? Jika Sahabat melakukan semua kegiatan itu sebelum subuh ternyata banyak sekali manfaat yang akan Sahabat dapatkan. Tidak hanya membantu ibu, berangkat ke sekolah/ke kantor tepat waktu saja. Tetapi yang lebih penting Sahabat pasti akan lebih sehat. 



Tahukah Sahabat, jika saat ini Sahabat merasa sehat dan segar, bisa jadi salah satu sebabnya dikarenakan Sahabat suka mandi subuh-subuh. Begitu juga sebaliknya, kalau saat ini Sahabat kurang enak badan mungkin juga dikarenakan Sahabat mandinya kesiangan melulu. 


Efek positif mandi subuh-subuh ini telah menjadi penelitian Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo-Mesir. Dia mengatakan bahwa manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun subuh dan mandi pada waktu fajar diantaranya orang tersebut akan memperoleh banyak sekali gas O3. Pada waktu fajar kandungan gas O3 sangat melimpah kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari. 
Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran luar biasa.
Namun, mandi subuh-subuh tidak hanyanya memberikan pengaruh positif untuk urat syaraf dan tulang, tetapi juga memberikan dampak baik dalam banyak hal. Bisa kita simak di bawah ini:

1.    Melancarkan Peredaran Darah

Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam, dari FK UI dan RS Medistra, menyatakana bahwa mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan uraf syaraf menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah.

2.    Mampu menurunkan resiko darah tinggi

Sahabat Populer pernah ikut ice bucket challenge? Tahun lalu tantangan ini menjadi trend di kalangan selebritis dan orang-orang terkenal. Bahkan Mark Zuckerberg pun ikut tantangan ini.
Tahukah Sahabat, Ternyata mandi dengan air dingin tidak hanya untuk having fun. Karena, menurut Frederic Premji, serang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah keseluruh organ – organ tubuh.

3.    Meningkatkan Kesuburuan Reproduksi

Jika Sahabat sudah menikah dan saat ini sedang merindukan kehadiran sibuah hati ada baiknya Sahabat melakukan amalan mandi subuh ini. Karena ternyata mandi subuh memiliki efek positif untuk kesehatan reproduksi, yakni meningkatnya produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

4.    Mampu Meningkatkan Sel Darah Putih

Mandi dengan air dingin pada waktu subuh akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berakibat meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh, dan tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

5.    Membuat Kulit menjad Halus dan Cantik

Ini yang dikatan oleh dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Nusantara Kuningan. Beliau menyebutkan bahwa mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai titik kestabilan. Jantung menjadi terpacu, adrenalin meningkat, aliran darah ke kulit menjadi lebih lancar. Jaringan kulit lebih lembab dan kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit tampak lebih fresh.

6.    Rambut Jadi Lebih Sehat

Air dingin yang kita gunakan untuk mandi subuh-subuh ternyata dapat menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Air dingin itu juga mampu melindungi rambut dari kotoran – kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan pasti  jadi lebih sehat dan kuat donk!

7.    Meredakan Stress

Ketika cewek sedang stress berat biasanya apa yang mereka lakukan? Biasanya ada 2, yakni menangis, dan pengen mandi. Ya ‘kan?
Memang, disaat kita lagi stress kepala kita jadi panas. Ada baiknya diredakan dulu panasnya dengan air dingin, biar stabil kembali. Apalagi disaat subuh, awal hari. Masalah tadi malam masih agak terkenang-kenang pagi ini. Saatnya kegalauan itu kita usir dengan air yang dingin menyegarkan.

8.    Shalat Subuh Dalam Keadaan Suci

Bagi Sahabat yang sudah menikah ada baiknya Sahabat mandi terlebih dahulu sebelum menunaikan shalat subuh. Biarpun tadi malam Sahabat tidak melakukan “itu” bersama pasangan. Paling tidak Sahabat menunaikan shalat dalam keadaan bersih. Ayo... Sahabat semua sudah tahukan bahwa Allah SWT sangat mencintai kebersihan? Apalagi tadi mandinya pakai sabun dan sikat gigi.
Hal yang sama juga berlaku untuk Sahabat yang belum menikah.

Nah, Sahabat Populer, begitu banyak manfaat mandi subuh-subuh. Kenapa tak mencoba mengamalkanya sebulan saja, untuk tahap pertama. Setel alarm di hp kita jam 4.30 pagi. Bila ternyata Sahabat belum merasakan manfaatnya secara nyata, tambahkan saja kegiatannya setelah shalat subuh dengan lari pagi. Pasti kelihatan hasilnya. Dijamin! 
Mens sana in corpore sano!

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test